BeritaFoto

*Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Batu Tahun 2024*

*Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Batu Tahun 2024*

_Pj Wali Kota : Tema RKPD Harus Fokus Pada Inovasi, Daya Saing SDM, dan Pertumbuhan Ekonomi_

Prokopim, BATU – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batu menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Batu Tahun 2024, di Royal Orchid Garden, Kamis (9/2/2023).

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, yang hadir bersama dengan Forkopimda Kota Batu ini, menyampaikan tentang Evaluasi Capaian Indikator Makro Pembangunan Tahun 2022, Rancangan Tema dan Prioritas Pembangunan Tahun 2024, Isu Strategis Pembangunan Tahun 2024, Target Kinerja Pembangunan Tahun 2024, dan Proyek Strategis Daerah Tahun 2024.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD ini adalah bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat terhadap sasaran, tujuan dan program pembangunan daerah.

“IPM Kota Batu menunjukan capaian yang luar biasa, bahkan lebih tinggi dari Provinsi Jawa Timur. Tetapi masih ada aspek yang perlu ditingkatkan rata-rata lama sekolah yang ada di Kota Batu,”

Aries juga meminta agar tema pembangunan RKPD Tahun 2024 dipersingkat dan fokus pada 3 kata kunci, yaitu: Inovasi, Daya Saing SDM, dan Pertumbuhan Ekonomi.

Branding menurut Aries juga sangat penting dalam mendukung sektor pariwisata dan penertiban aset daerah menjadi penekanan khusus agar aset yang dimiliki Pemerintah Kota Batu termanfaatkan dengan baik.

“Orang kalau sudah masuk Kota Batu pasti dalam angan-angannya adalah pariwisata, misalkan ada produk olahan apel dimasukan ke hotel atau setiap pembelian tiket masuk wisata itu akan sangat mendukung pertanian di Kota Batu,” tambahnya.

Selain itu, Aries juga menegaskan setiap Perangkat Daerah segera menyusun
langkah-langkah percepatan pelaksanaan program pembangunan. Rendahnya capaian PAD Kota Batu juga harus menjadi perhatian seluruh Perangkat Daerah.

FKP RKPD 2024 ini juga menghadirkan narasumber Prof Chandra Fajri, dari Universitas Brawijaya sekaligus Staf Ahli Kemenkeu RI yang membahas tentang penanganan sampah dan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Leave a Reply

Your email address will not be published.