BeritaFoto

PJ Wali Kota Batu Kunjungi Longsor di Jembatan Sukorame Desa Gunungsari

*PJ Wali Kota Batu Kunjungi Longsor di Jembatan Sukorame Desa Gunungsari*

_Pj Wali Kota Batu Instruksikan Penanganan Cepat dan Tepat_

Prokopim, BATU – Hujan deras yang melanda Kota Batu pada hari Selasa (07/2) mengakibatkan longsornya plengsengan teknis penyangga pipa ASV berukuran 10 Inch milik Perumdam Among Tirto, sekitar pukul 21.00 wib di Jembatan Sukorame, Desa Gunungsari, Kota Batu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah meninjau langsung ke lokasi kejadian pasca terjadinya bencana.

Aries meminta Perumdam Among Tirto untuk segera menginventarisir apa yang harus disiapkan untuk mengatasi kedaruratan pelayanan air minum.

“Dengan adanya pemutusan ini misalnya harus menyiapkan kantong air dimana yang harus mendeskripsikan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Aries juga telah menginstruksikan kepada Kadis PUPR dan Kepala BPBD untuk segera dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Langkah penanganan ini segera dilakukan agar waktu yang singkat ini semua linier bisa berjalan, Dinas PUPR coba menginterpretasi apa yang harus dikerjakan, sehingga tidak menganggu arus jalan,” tambahnya.

Sedangkan dampak dari kerusakan yang telah didata oleh BPBD ini adalah rusaknya Pipa ASV dengan ukuran 10 Inch, dengan dimensi plengsengan teknis panjang 2 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 4 meter.

Pipa utama milik Perumdam Among Tirto ini melayani wilayah Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Sisir, dan sebagian wilayah Kelurahan Temas. Usai kejadian BPBD juga melakukan melakukan kaji cepat dengan memberi safety line.

Sementara itu, Direktur Perumdam Among Tirto mengkonfirmasi bahwa untuk pelayanan sementara pihaknya telah memasang tandon air di kawasan terdampak sembari proses pemasangan pipa pelayanan disebelah jembatan.

“Untuk sementara, dan proses selanjutnya kita perbaikan pipa yang ambruk di jembatan. Hari ini kita lembur maksimal 2 hari,” katanya.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.