BeritaFoto

Wali Kota Batu Laporkan Pelaksanaan Pilkades Serentak ke Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

Wali Kota Batu Laporkan Pelaksanaan Pilkades Serentak ke Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

BATU – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Batu yang berlangsung pada hari ini, Minggu (28/8) dilaporkan secara langsung oleh Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko kepada Dirjen Bina Pemdes Kementrian Dalam Negeri secara virtual.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Batu didampingi oleh Forkopimda dan Wakil Wali Kota Batu, serta Kepala DP3AP2KB di rumah Dinas Wali Kota Batu.

Wali Kota Batu dalam laporannya menjelaskan lima desa yang melaksanakan pilkades dengan total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 26.830 orang. Pemerintah Kota Batu juga telan mengalokasikan bantuan keuangan khusus (BKK) Rp 850 juta dan Rp 350 juta dari ABPB Kota Batu.

Selanjutnya Kapolres Batu AKPB Oskar Syamsudin membeberkan tentang pengamanan dengan melibarkan berbagai unsur seperti POLRI, TNI, Satpol PP, hingga pengamanan dari unsur organisasi masyarakat dengan melibatkan 928 personel.

Hal senada disampaikan oleh Dandim 0818 Kab Malang Batu, Letkol Inf Taufik Hidayat pihaknya melaksanakan pengawasan dengan sistem mobile sesuai dengan ploting pengamanan sesuai dengan rencana yang disusun bersama Polres Batu.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo setelah melihat simulasi di TPS 02 Bulukerto dan mendapatkan laporan menyampaikan beberapa arahan.

Ia meminta irama dan sirkulasi yang datang ke TPS tetap diperhatikan sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. Yusharto juga menekankan penguaran PPKM Mikro dan pengoptimalkan posko desa sekaligus mendorong percepatan vaksin Covid-19 khususnya booster. (daniel/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.