BeritaFoto

Yayasan Jantung Indonesia Malang Raya Kerjasama dengan RSSA Berhasil Operasi Penderita Sakit Jantung Bawaan

Yayasan Jantung Indonesia Malang Raya Kerjasama dengan RSSA Berhasil Operasi Penderita Sakit Jantung Bawaan

MALANG, Prokopim – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Malang Raya bekerjasama dengan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang berhasil menangani operasi Rico Yoga Asmara (16) warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, selaku Ketua YJI Malang Raya melakukan visitasi ke Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu (IPJT) RSSA Malang, Jumat (19/11).

Rico Yoga Asmara menderita ASD (Atrial Septal Defect) yaitu penyakit jantung bawaan akibat lubang di dinding jantung.

Rico terdiagnosa penyakit jantung bawaan pertama kali ketika berobat ke RS Baptis Batu untuk keluhan mimisan yang tidak kunjung berhenti. Rico divonis jantung bocor dan harus dioperasi ke Jakarta.

Biaya pengobatan yang tinggi, menjadi perhatian YJI Malang Raya dan RSSA Malang, untuk membantu melakukan operasi dengan prosedur yang rumit bisa dilaksanakan dengan cepat dan sukses.

Sebelumnya Rico sempat akan melakukan operasi di Jakarta. Namun, karena infeksi tenggorokan operasi tersebut ditunda.

Wali Kota sangat bersyukur atas kerjasama yang dilakukan dengan RSSA bisa melakdanakan operasi penyakit jantung bawaan.

“Secara ekonomi dan psikologis pasien dapat beradaptasi lebih cepat. Semoga kedepan RSSA bisa menanhani pasien yang membutuhkan,” ungkapnya.

YJI Malang Raya mempunyai empat program kegiatan untuk membantu penyintas jantung bawaan.

Seperti penyuluhan, mencegah melalui klub jantung sehat dan klub jantung remaja, membantu pasien yang kurang mampu, dan melaksanakan kegiatan kuratif.

Dengan bekerjasama dengan RSSA, YJI dapat melakukan kegiatan kuratif dengan lebih mudah dan memantau proses rehabilitasi pasien sesudah melaksanakan operasi Jantung hingga dinyatakan sehat.

Foto @rizki_asz
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.