BeritaFoto

Apel Siaga Darurat Bencana, Walikota Ingatkan Waspada Curah Hujan Meningkat

BATU, Humas – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran serta instansi terkait dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di Kota Batu.

Salah satunya dengan menggelar Apel Siaga Darurat Bencana Menghadapi Musim Hujan Tahun 2020/2021 di wilayah Kota Batu, bertempat di halaman belakang Balaikota Among Tani, Kota Batu, Jumat (20/11/2020).
Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan terdampak La Nina pada akhir 2020 hingga awal 2021.

BMKG juga menginformasikan adanya potensi La Nina dimana curah hujan akan meningkat antara 20% – 40% diatas normal pada bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Februari 2021 yang dapat berpotensi menimbulkan berbagai bencana dan dampak buruk terutama pada sektor pertanian.

Sesuai arahan Presiden RI dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 440/5605/SJ serta rekomendasi yang dikeluarkan oleh BNPB pemerintah menyiapkan mitigasi untuk menghadapi potensi La Nina di tengah pandemi covid – 19.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut diatas, maka Pemerintah Kota Batu telah menetapkan status siaga darurat bencana terhitung mulai tanggal 14 Oktober 2020 sampai dengan 30 April 2021 berdasarkan keputusan Walikota Batu Nomor 188.45/308/KEP/422.012/2020 Tentang Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, Tanah Ambles Dan Cuaca Ekstrim Di Wilayah Kota Batu Pada Musim Hujan Tahun 2020/2021.

Pemerintah Kota Batu menyadari bahwa dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan jenis pelayanan dasar bencana tidak dapat melaksanakan sendiri, oleh karena itu perlu dukungan, partisipasi dan peran aktif dari instansi / lembaga lain, dunia usaha dan masyarakat.

“Dengan ditetapkannya status siaga darurat bencana ini maka, Pemerintah Kota Batu bersama Instansi / Lembaga terkait dan didukung peran aktif lembaga usaha, akademisi, masyarakat dan media dibawah koordinasi dan komando BPBD,” ungkap walikota.

Apel Siaga Bencana tersebut melibatkan berbagai personel mulai dari unsur TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub, DLH, Dinas PUPR, BMKG, PMI, PLN, RAPI serta relawan bencana Kota Batu.(hms)

Fotografer : Daniel Hermanto / Realese : Hadi Wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.