BeritaFoto

Kwarcab Kota Batu Bersihkan Area Monumen Dharma Bhakti, Kenang Tragedi Pramuka Tahun 2006

BATU, Humas – Wakil Walikota H Punjul Santoso yang sekaligus Ketua Kwarcab Kota Batu mengikuti kegiatan giat bakti dalam rangka menyambut HUT Gerakan Pramuka yang ke 59 Tahun 2020 di Monumen Dharma Bakti yang berada dalam area Wana Wisata Coban Talun, Minggu (9/8/2020).

Kegiatan di monumen yang berdiri sejak tahun 2008 ini bertujuan untuk mengenang dan mendoakan kepergian 4 orang anggota pramuka penggalang yang menjadi korban robohnya kayu pinus di bumi perkemahan tersebut.

Tragedi memilukan tersebut terjadi dalam rangka lomba tingkat 3 regu penggalang pada tanggal 3 Oktober tahun 2006, pohon pinus dengan diameter 50 centimeter ini menimpa salah satu tenda yang berisi 8 pelajar dari SMP Negeri 02 Batu.

“Tak cukup hanya menangis kepergianmu, dengan derai air mataku…, Akan kutulis untaian harapan, meneruskan cita cita dan Dharma Baktimu. Sebagai penghormatan Dharma Baktimu : Rosa Amali, Katalea Karisma Maharani, Dita Nur Aisiyah, Rizki Dona Ariska. Akan kuteruskan cita-cita dan perjuanganmu.”

Tulisan diatas terpahat di batu granit yang berada di monumen tersebut. Rencananya kedepan tempat yang mempunyai histori dan sempat membuat Kwarcab Kota Batu vakum berkegiatan selama bertahun tahun akan difungsikan sebagai tempat wisata baru di area Coban Talun.

“Nanti akan diberi akses jalan yang bagus, jadi ketika ada wisatawan datang ke Coban Talun, apalagi yang berjiwa pramuka akan mampir dan mendoakan korban,” ungkap wawali.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh Andalan Kwarcab, Brigade Penolong, dan purna peserta KML (KURSUS pembina pramuka mahir lanjutan) 2020, Dewan Kerja Cabang (DKJ) serta relawan pramuka.

Humas Kota Batu
Foto @edytink_kdc

Leave a Reply

Your email address will not be published.