Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Walikota Batu Kunjungi Penemuan Baru Situs Pendem

BATU – Humas, Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko didampingi oleh Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Winarto Ekram dan Kepala Desa Pendem mengunjungi penemuan baru “sumuran” di area Situs Pendem, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin (17/02/2020).

Berdasarkan Eksavasi tahap 2 oleh tim Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan dan Dinas Pariwisata, temuan sumuran tersebut berbentuk segi empat berukuran 210 cm x 210 cm.

Setelah ditemukan sumuran situs Pendem, dipastikan terlihat jelas bangunan sebuah candi berukuran cukup besar, berkisar 7,5 meter x 7,5 meter. Temuan candi ini bisa menguak banyak kisah sejarah di Kota Batu termasuk keberadaan Prasasti Sangguran.

Walikota Batu menginstruksikan kepada Dinas Pariwisata untuk terus berkomunikasi dengan BPCB Trowulan, Provinsi bahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Serta Kepala Desa Pendem untuk berkomunikasi dengan pemilik lahan situs Pendem ini.

Sementara itu, Winarto Ekram menjelaskan bahwa akan ada penataan khusus pada kawasan situs ini, dan diperkirakan masih ada bangunan yang perlu di gali ke arah utara, karena masih ada batu bata yang terlihat di area tersebut.(hms/pandermannews)

fotografer : edy susanto

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *