BeritaFoto

Peresmian Pasar Sayur Kota Batu 2020

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko,M.Si menghadiri sekaligus meresmikan pasar besar batu unit sayur di Lokasi Pasar Besar Kota Batu,Jl.Dewi Sartika, Kel.Temas, Kec.Batu, Kota Batu, Senin (17/2/2020). Turut menghadiri kegiatan peresmian ini Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP.Hardviadhi Agung Prathama, Dandim diwakili oleh Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Kapolsek Batu AKP. M.Budiarto, Kajari diwakili oleh Jaksa Fungsional, Plt.Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Batu Sri Hendarwati, Pimpinan Bank Jatim Cab.Batu Theresia Wiwin, Perwakilan Kemenag Batu Candra, Sekda Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Asisten, dan Seluruh Kepala OPD, Camat dan Lurah dilingkungan Pemkot Batu, serta bapak/ibu pedagang pasar sayur dan 11 penerima sertifikat proda.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Batu didampingi oleh Wakil Wali Kota Batu. Selain itu, Wali Kota juga menyerahkan sertifikat proda kepada perwakilan 11 orang dari 11 Desa/Kelurahan se Kota Batu serta secara simbolis menyerahkan kunci stand pasar sayur kepada salah satu perwakilan pedagang sayur Kota Batu.

Kepala Dinas Perumahan,Kawasan Permukiman&Pertanahan (DPKPP) Kota Batu Drs.EC Arif Setyawan dalam laporannya mengatakan bahwa kondisi sebelum pasar sayur dibangun,sebagian besar didominasi oleh bangunan yang tidak permanen dan kondisinya relatif terkesan kumuh,kurang rapi dan tidak tertib serta area parkir disekeliling pasar sayur ini banyak jalan yang rusak. Pembangunan pasar sayur diatas lahan 3000m2, dimulai tahap pertama pada tahun 2017 dengan anggaran Rp.8,8M meliputi pekerjaan pondasi,kios luar disekeliling pasar sayur sebanyak 136 kios. Pembangunan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2019 dengan nilai kontrak Rp.5.040.000.000 terdiri dari pekerjaan kontruksi atap,pembganguna los yang ada didalam sejumlah 138 los ditambah dengan beberapa los untuk daging dan transit sehingga jumlah kios keselurahan bisa menampung 274 pedagang sayur. Pekerjaan yang kedua adalah pembongkaran kios yang ada luar agar sirkulasi kendaraan lebih leluasa dan Pembanguna paving. Ada beberapa pekerjaan yang harus dilanjutkan pada tahun 2020 pertama sesuai hasil kunjungan komisi B dan C sekaligus saran dari tim ahli bangunan gedung ada catatan yang segera diperbaiki diantaranya drainasi,pemasangan kisi angin bagian atap, pemasangan kanopi diluar stand, gerbang masuk pasar sayur, sertapembebasan satu kavling. Dalam peresmian ini juga dilakukan penyerahan sertifikat proda kepada 11 yang mewakili 11 kel/desa di Kota Batu.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur yang luar biasa pada hari ini akhirnya bisa meresmikan pasar sayur. Berkat kerja keras,kerja bersama yang luar biasa ini akhirnya pembangunan pasar sayur terlaksana dan selesai serta tujuan akhirnya untuk kebaikan, kelancaran, aman,tentram dan tambah laris. Menurut data lapangan,bahwa pasar yang sudah diperbaiki dibuat fasilitas lebih bagus ini rata rata terkait penjualannya itu naik mencapai 300%, karena penjual dan pembeli yang datang itu merasa nyaman tempatnya, bagus, lebih bersih. Tahun ini pemkot batu mempunyai program akan menyelesaikan semua urusan administrasi untuk pasar besar batu dan tahun 2021 pasar besar harus sudah dibangun. Karena tanah pasar ini semua adalah milik pemkot batu, jadi pedagang pasar dipinjami tempat untuk berusaha dan berdagang,dan setiap tahun ada sewanya atau retribusinya. Seperti pasar sayur pemkot batu tidak akan memungut biaya sepeserpun kepada pedagang. Dan kami sangat terbuka menerima masukan dari para pedagang demi pembangunan pasar besar Batu ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Batu sebagai tanda rasa syukur pasar sayur telah dibuka dan digunakan. (hms/pandermannews)

fotografer : daniel/edy/rizky / berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.