BeritaFoto

Upacara Peringatan Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74 dan Kota Batu ke-18 Tahun 2019

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko menjadi inspektur upacara Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74 dan Kota Batu ke-18, bertempat di Stadion Gelora Brantas, Kota Batu, Kamis (17/10/2019). Dalam upacara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi beserta Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kota Batu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kajari Batu Sri Heny Alamsari,Dandim 0818 Batu-Malang Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P,  Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri, Kepala BNN Batu AKBP Mudawaroh, Kepala Kementrian Agama Kota Batu Drs.Nawawi, Perwakilan Forkompimda Malang Raya, Sekda Kota Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Asisten,Staf Ahli dan Kepala OPD Kota Batu, Komandan Satuan TNI/Polri, Ketua LVRI, Pepabri, DHC 45, Ketua Dharma wanita, Ketua GOW, Ketua NU, Ketua Pemuda Pancasila, Tokoh Agama dan Masyarakat Kota Batu serta diikuti oleh Siswa siswi Sekolah diKota Batu dan seluruh ASN dilingkungan Pemkot Batu.

Acara diawali dengan Pembacaan sejarah singkat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dan Hari Jadi Kota Batu. Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko selaku inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa hari ini merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, serta kebanggaan kita dalam mendorong semangat memiliki dan membangun daerah untuk memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah Jawa Timur, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya adalah Peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur hampir bersamaan dengan hari lahirnya Kota Wisata Batu, dimana satu-satunya daerah pemekaran di Propinsi Jawa Timur. Dalam perjalanannya Kota Administratif Batu mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari aspek ekonomi, sosial maupun budaya, sehingga memunculkan dinamika dan aspirasi dari masyarakat untuk wemeningkatkan statusnya menjadi kota otonom. Dukungan untuk meningkatkan status, muncul dari banyak kalangan termasuk dari Bupati Malang, DPRD Kabupaten Malang serta Gubernur Jawa Timur maupun organisasi kemasyarakatan lainnya, terutama para eksponen Pokja. Pada tanggal 17 Oktober 2001 ditetapkannya Kota Batu sebagai Daerah Otonom Baru, melalui Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2001, tentang Pembentukan Kota Batu. Saat ini, merupakan tahun yang ke 18 berdirinya Kota Wisata Batu, sejak meningkatnya status baru dari Kota Administratif menjadi Kota Batu. Dilihat dari usia, Kota Batu relatif masih sangat muda jika dibandingkan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur termasuk Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur, yang rata-rata telah cukup panjang usianya dan sarat pengalaman.

Lebih lanjut Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko dalam amanatnya mengatakan bahwa tema peringatan hari jadi ke 74 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 kali ini adalah “Semangat Nawa Bhakti Satya, Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera” merupakan prinsip – prinsip dalam setiap langkah dan pengabdian insan pemerintah serta masyarakat Jawa Timur diantaranya Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni untuk kemajuan Jawa Timur. Kemudian tema peringatan Hari Jadi ke-18 Kota Batu tahun 2019 adalah “Berdaya Desaku, Berjaya Kotaku”. Sehubungan dengan kedua tema diatas, terdapat suatu keterkaitan satu sama lain dalam hal mengembangkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat provinsi Jawa Timur umumnya dan Kota Batu Khususnya. Pada momen Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 dan Hari Jadi Kota Batu ke-18 ini, saya mengajak segenap kalangan pendidik maupun siswa untuk menguatkan komitmen kebersamaan dan menjaga kualitas kinerja demi mencapai pembangunan Kota Batu yang lebih baik lagi kedepannya.

Seusai upacara ini dilanjutkan acara tambahan yang terdiri dari penyerahan secara simbolis SK Kenaikan Pangkat ASN Kota Batu, dilanjutkan dengan penampilan drum band dari SMA Taruna Nala Jatim di Malang. Kemudian senam Perwosi Kota Batu bersama Walikota Batu bersama Forkompimda Batu diikuti oleh seluruh peserta upacara.

fotografer : edy/rizky/herman / berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.