BeritaFoto

Program Pelayanan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial TA 2019

BATU,Humas – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Batu ke-18, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Sosial mengadakan Program Pelayanan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial TA 2019 melalui kegiatan bimbingan dan pemberdayaan kader dan lansia yang diselnggarakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu, Jl.P.Sudirman no.98, Kota Batu, Selasa (15/10/2019). Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso, Sekda Kota Batu Drs.Zadim Effisiensi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Drg. Kartika Trisulandari, Kepala Dinas Sosial Ririk Mashuri, Perwakilan dari Desa/Keluraan/Kecamatan serta para penerima bantuan sosial berupa makanan yaitu para lansia diseluruh Kota Batu.

Kepala Dinas Kota Batu Sosial Ririk Mashuri dalam laporannya mengatakan bahwa program ini merupakan program untuk mewujudkan kesejateraan sosial yang selama ini dilaksanakan oleh pemerintah kepada lansia sebagai warga negara dan lansia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lain. Kondisi ketidakmampuan pemenuhan kebutuhan ekonomi menyebabkan kesulitan, sehingga diperlukan program yang tepat dan mengarah sesuai dengan sasaran. Salah satu bentuk dari program Dinas Sosial Kota Batu yaitu program pelayanan rehabilitasi dan perlindungan sosial dalam bentuk bantuan sosial permakanan kepada lansia. Banyak lansia yang hidupnya terbatas sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan pangan yang nilai gizinya belum tercukupi. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan itu dinas sosial melaksanakan bantuan ini dimaksudkan untuk memperingan/ membantu para lansia untum pemenuhan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari hari. Adapun rincian jumlahnya 231,tetapi yang hadir 175 lansia. Juga ada perhatian bagi lansia yang jumlahnya 1.036 diberikan insentif tiao bulan masing masing 500 ribu.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpomo dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini atas inisiatif dari dinas sosial berupa program bantuan permakanan,bantuan ini untuk menambah supaya para lansia ini ada tambahan makanan dirumah. Kedepan nanti tambahan makananannya berbeda lagi,yang jelas tujuan penting Pemkot Batu adalah bantuan apapun itu untuk lebih bisa para lansia hidup lebih baik. Mudah mudahan kedepan pemkot batu tetap bisa memperhatikan dan bisa memberi fasilitas kepada masyarakat Kota Batu. Dan untuk dinas sosial nantinya dlm acara seperti ini bagus tapi yang sepuh seouh ini, lebih baik kita memperdayakan ibu ibu PKK dan Dharma wanita untuk anjangsana mengantarkan bantuan makanan ini kerumah masing masing para lansia ini. Kita harus tahu bahwa kebutuhan masyarakat itu apa, dan itu yang harus dipenuhi. (hms/pandermannews)

fotografer : daniel hermanto / berita :hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.