Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Wali Kota Batu terima Kunjungan Wakil Bupati Sumenep, Belajar Pengembangan UMKM Kota Batu

BATU, Prokopim – Bertempat di Rumah Dinas, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menerima kunjungan Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah, Jumat (16/4).

Wabup Sumenep menjelaskan, potensi sumber daya pertanian dan hasil laut sangat melimpah. Ia mencontohkan seperti teripang, ikan layang dan tenggiri. “Kita kesulitan mencari ekspor langsung, jadi dikirim Bondowoso dan Bali,” ungkapnya.

Bu Wabup juga mengatakan, tujuan ke Kota Batu adalah untuk belajar dalam mengembangkan UMKM. “Di Kota Batu ada produk kripik, kita manfaatkan agar potensi yang ada lebih maksimal,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Batu menyampaikan, di Kota Batu ada UMKM yang bisa dicontoh. “Kemasan harus menarik dan berkualitas, supaya bisa menyimpan hasil dengan baik,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota Batu menambahkan, pemasaran produk UMKM sangat penting. Beliau mencontohkan untuk bekerjasama dengan marketplace nasional agar produk Kota Batu bisa dikenal hingga ke mancanegara.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kepala Diskumdag Eko Suhartono, Kota Batu sudah melaksanakam uji kompetensi untuk ekspor, dan telah bekerjasama dengan Kementrian Koperasi dengan syarat dan kurasi khusus.

“Kota Batu punya PLUT (Pusat Latihan Usaha Terpadu) untuk mendorong dan melatih UMKM agar lebih maju dengan jangkauan yang lebih luas,” pungkasnya.

Foto @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *