BeritaFoto

Batu Makin Cakap Digital Diikuti Oleh Ribuan Pelajar SD hingga SMA se-Kota Batu

Batu Makin Cakap Digital Diikuti Oleh Ribuan Pelajar SD hingga SMA se-Kota Batu

Aries Agung Paewai : Dunia digital harus diimbangi literasi yang baik

Prokopim, BATU – Aries Agung Paewai, Pj Wali Kota Batu menjadi keynote speaker dalam kegiatan literasi digital nasional hasil kolaborasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) bersama Diskominfo dan Dinas Pendidikan Kota Batu, di SMPN 3 Batu, Selasa (9/4/2023).

Kegiatan yang digelar melalui offline dan zoom meeting ini diikuti ribuan peserta mulai tingkat SD hingga SMA se-Kota Batu.

Aries dalam materinya menyampaikan tentang pentingnya literasi dalam meningkatnya gempuran dunia digital yang jika dibiarkan akan berakibat buruk bagi akhlak anak didik.

“Kita harap dengan adanya acara makin cakap digital ini, literasi digital anak didik kita terus meningkat. Dengan narasumber yang kompeten, anak didik kita akan diajarkan bagaimana cara berpijak di dunia digital dengan baik,” kata Aries.

Literasi digital yang baik, menurut Aries juga akan membawa dampak yang bagus karena bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendidikan serta dalam proses belajar mengajar.

“Selamat mengikuti, semoga mendapatkan pencerahan, anak didik kita semakin cakap dan semakin meningkat akhlaknya di dunia digital yang berkembang ini,” pungkasnya.

Kegiatan literasi digital ini diisi dengan narasumber yang berkompeten diantaranya Dr. Novi Kurnia, Dewan Pengarah Siberkreasi, Koordinator Nasional Japelidi & Dosen UGM yang membahas tentang “Cakap Bermedia Digital”.

Narasumber kedua adalah Muilantok, CEO & Founder Atsoft Teknologi yang membahas “Aman Bermedia Digital”. Narasumber ketiga Dr. Meithiana Indrasari.ST., MM, Akademisi UNITOMO & CER ACSB East Java yang membahas tentang “Etis Bermedia Digital”.

Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023 adalah program Literasi Digital yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Materi kelas literasi digital didasarkan pada 4 pilar utama, yaitu Etis Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Cakap Bermedia Digital, dan Budaya Bermedia Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.