Lensa KWB

ANGGARAN PENANGANAN COVID-19 KOTA BATU

Dulur KWB, sesuai dengan instruksi Mendagri untuk mempercepat penanganan Covid 19, Pemerintah Kota Batu telah melaksanakan Refocusing APBD 2020 dengan menghasilkan Realokasi anggaran sebesar Rp. 102 M.

Dengan sasaran Bidang Kesehatan, meliputi pembelian APD, masker, hand sanitizer, desinfektan, rapid test, obat-obatan, penambahan nutrisi bagi kelompok rentan, kebutuhan biaya shelter untuk isolasi dan biaya pengobatan rumah sakit.

Bidang Keamanan dan Operasional, mencakup operasi penanggulangan Covid-19 dari BPBD, Operasi Cipta Kondisi Kantrantibmas, Physical Distancing, pengecekan warga yang masuk melalui 2 pintu masuk Kota Batu, serta pengawasan warga pendatang baru di desa/kelurahan.

Dan Bidang Jaring Pengaman Sosial (Social Safety Net) berupa bantuan untuk 30 ribu kepala keluarga (43,5% jumlah KK di Kota Batu). Disamping itu, Pemerintah Kota Batu juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan lain penanganan dampak ekonomi, diantaranya Pembebasan Tarif Air Minum bagi kategori R1 dan R2, Pembebasan PBB nilai di bawah Rp. 100.000 (untuk yang mempunyai 1 lahan), Pembebasan Retribusi Kebersihan dan Pasar, Pembebasan Sanksi Administrasi (denda keterlambatan pembayaran pajak hotel, restoran, hiburan, parkir s/d bulan Mei 2020). #staysafe#stayathome#lawancorona#batulawancorona#humaskotabatu

Leave a Reply

Your email address will not be published.