BeritaFoto

Pemerintah Kota Batu Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-Turut dari BPK RI

Pemerintah Kota Batu Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-Turut dari BPK RI

Prokopim, BATU – Pemerintah Kota Batu kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 Kali Berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Prestasi membanggakan ini diraih oleh Pemerintah Kota Batu atas pelaporan LKPD Kota Batu Tahun 2022 yang tepat waktu sebelum batas akhir penyerahan laporan.

Penyerahan laporan Opini BPK diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Karyadi kepada Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai di Kantor BPK di Sidoarjo, Kamis (25/5/2023) sore.

Tak sendiri, Aries didampingi oleh Ketua DPRD, Asmadi dan Sekretaris Daerah, Zadim Effisiensi dan beberapa Kepala OPD..

Dalam kesempatan ini, Aries menyampaikan rasa syukur atas kembali diraihnya Opini WTP dari BPK RI. Menurutnya prestasi ini dapat diraih berkat kerja keras bersama seluruh pihak untuk menyampaikan laporan keuangan yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Alhamdulillah, ini tahun kedelapan kita berturut-turut meraih Opini WTP. Saya berterimakasih atas kerja keras semua OPD”, Kata Aries usai menerima penghargaan WTP.

Aries juga mengatakan bahwa optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menjadi fokusnya kedepan dan Aries pun mengajak seluruh OPD, utamanya dinas terkait untuk lebih maksimal meningkatkan upaya peningkatan PAD Kota Batu.

“Kunci sukses untuk mewujudkan itu semua tentunya inisiatif, kolaborasi, dan inovasi seluruh OPD. Banyak hal yang memang perlu ditingkatkan dan dibenahi bersama dengan hasil LHP ini diharapkan semua OPD terus meningkatkan kualitas tugas dan tanggungjawab menjalankan program-program prioritas” tegas Aries.

Sementara Kepala BPK RI perwakilan Jawa Timur, Karyadi menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah yang berhasil mempertahankan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Menurutnya, raihan opini WTP ini diharapkan dapat mendorong jajaran pemerintah daerah untuk meningkatkan tata kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel.

Tidak lupa ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten/kota atas kerjasama dan dukungan selama pelaksanaan pemeriksaan maupun dalam proses penyelesaian laporan hasil pemeriksaan.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan kepada 37 kabupaten/kota di Jawa Timur dan 1 Kota Madiun sudab diserahkan lebih awal dengan status WTP.

Tak seperti biasanya, dalam penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Jawa Timur kali ini juga menggelar produk unggulan masing-masing daerah untuk dipamerkan kepada kepala daerah dan undangan yang hadir. Pemerintah Kota Batu pun membawa berbagai olahan buah, dan produk pertanian khas Kota Wisata Batu.

Sidoarjo, 25 Mei 2023
Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.