Kota Batu Raih Peringkat 5 Nasional Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 Menpan RB serahkan ke Pj Wali Kota Batu

Kota Batu Raih Peringkat 5 Nasional Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 Menpan RB serahkan ke Pj Wali Kota Batu

Kota Batu menerima penghargaan peringkat 5 Nasional Pengawasan Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas bersama Kepala Arsip Nasional RI Imam Gunarto pada Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-52 Tahun 2023 di Hotel El Royal Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/5/2024).

Raihan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada lembaga negara dan daerah untuk memastikan bahwa arsip milik negara dikelola dan diselamatkan sebagi bahan akuntabilitas kinerja, alat bukti yang sah, serta merupakan identitas dan jati diri sebagai memori kolektif bangsa berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kearsipan, terutama arsip menjadi dokumen memori sejarah perjalanan jati diri Kota Batu dan bahan akuntabilitas kinerja setiap pemerintahan.

“Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kearsipan. Terutama membangkitkan kesadaran bahwa arsip menjadi dokumen memori sejarah perjalanan jati diri Kota Batu dan bahan akuntabilitas kinerja setiap pemerintahan,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi.

Pada kesempatan tersebut, dalam arahannya Menpan RB mengingatkan untuk melaksanakan birokrasi berdampak, birokrasi yang bukan hanya tumpukan kertas, dan birokrasi lincah.

“Sesuai amanat Presiden, birokrasi harus berdampak, birokrasi yang bukan hanya tumpukan kertas, dan birokrasi lincah. Inilah yang menjadi tujuan kita, termasuk dalam kearsipan,” katanya.

Sementara itu, selain Kota Batu, terdapat sejumlah kabupaten/kota yang menerima penghargaan tersebut, yakni Kabupaten Badung, Kabupaten Bogor, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kota Surabaya.

Penghargaan juga diterima 6 kementerian, 3 lembaga tinggi negara, 6 lembaga pemerintah non kementerian, 1 dari BUMN, 1 dari perguruan tinggi, dan 3 pemerintah provinsi.

Penilaian pengawasan kearsipan di Kota Batu dilaksanakan pada 8-9 September 2022. Terdapat 8 indikator penilaian yaitu kebijakan kearsipan, pembinaan kearsipan, pengelolaan arsip inaktif dengan retensi sekurang-kurangnya 10 tahun, pengelolaan arsip statis, pengorganisasian kearsipan, sumber daya kemanusiaan kearsipan, prasarana dan sarana kearsipan dan pendanaan kegiatan kearsipan.

Pada peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-52 tersebut juga dilanjutkan Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan yang mengusung tema “Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul”.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.