BeritaFoto

Rakor Pengendalian Inflasi Kemendagri RI20 Maret 2023

Dua Hari Sekali, Daerah Harus Pantau Kenaikan Harga

Rakor Pengendalian Inflasi Kemendagri RI
20 Maret 2023

Dua Hari Sekali, Daerah Harus Pantau Kenaikan Harga

Mengikuti secara daring, di Ruang Rapat Utama Balaikota Amongtani Lantai 5, Rapat Koordinasi High Level Meeting Pengendalian Inflasi Kemendagri RI Edisi 20 Maret 2023 dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Komjen Tomsi Tohir dari Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri. Pemerintah daerah, diharapkan dua hari sekali, melakukan Monev bersama Tim Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) diantaranya pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia, Rapat Teknis TPID, menjaga pasokan bahan kebutuhan pokok dan barang penting lainnnya, pencanangan gerakan menanam, Melaksanakan Operasi Pasar Murah, melaksanakan sidak distributor, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, merealisasikannya BLT untuk dukungan pengendalian inflasi serta memberikan bantuan transportasi dari APBD.

Berdasarkan data yang ada, Tomsi Tohir menjelaskan ada beberapa Pemda yang Prognosis kekurangan pangan menjelang Ramadhan 1444 H. MIsalnya, kekurangan beras yang terjadi di 40 pemda, daging ayam ras di 68 pemda, telur ayam ras di 71 pemda, bawang merah di 68 pemda, daging sapi di 68 pemda, minyak goreng di 82 Pemda, cabai merah di 77 pemda dan beberapa komoditas pangan lainnya.

Untuk mengatasi kekurangan pangan tersebut, Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan beberapa upaya untuk ketersediaan pangan, seperti Rencana Pengadaan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2023 dari dalam negeri sebanyak 1,75 ton. Selanjutnya, optimalisasi kinerja Bulog untuk menyerap gabah/beras petani pada panen raya untuk memperkuat CBP, serta realisasi penyerapan gabah dan beras dalam negeri.

Aries Agung Paewai
Pj Wali Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.