BeritaFoto

Peresmian Tugu Apeksi di Padang, Simbol Pemersatu Seluruh Kota di Indonesia

Peresmian Tugu Apeksi di Padang, Simbol Pemersatu Seluruh Kota di Indonesia

PADANG – Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso menghadiri kegiatan peresmian Tugu Apeksi di sela-sela pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi di Kota Padang, Senin (8/8).

Peresmian yang ditandani dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua APEKSI, Bima Arya, juga disaksikan oleh seluruh Wali Kota/Wakil Wali Kota atau perwakilan setiap kota peserta Apeksi di Kota Padang.

Tugu Apeksi yang berdiri di komplek perkantoran Pemkot Padang ini memiliki desain berbentuk 15 gonjong yang melambangkan pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi di Kota Padang.

Selain itu, dalam tugu ini menampilkan nama – nama 98 Wali Kota di seluruh Indonesia. “Tugu Apeksi akan berbicara, bahwa pada tahun 2022, pernah 98 walikota berjuang, berbuat yang terbaik untuk kotanya,” sebut Bima Arya, Ketua APEKSI.

Tugu ini memiliki desain berbentuk 15 gonjong yang melambangkan bahwa pembangunannya pada Rakernas Apeksi ke XV di Kota Padang. Selain itu juga menampilkan nama-nama 98 kota di Indonesia beserta walikotanya saat pelaksanan Rakernas Apeksi ke-XV.

Tugu ini juga memiliki empat sisi, sebagai simbol empat pilar kebangsaan yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Keberadaan tugu Apeksi di alun-alun kota Padang ini merupakan satu-satunya, dan diharapkan menjadi simbol pemersatu kota seluruh Indonesia. (prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.