BeritaFoto

Tekan Angka Stunting, Fokus Utama Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 di Kota Madiun

Tekan Angka Stunting, Fokus Utama Peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 di Kota Madiun

MADIUN, Prokopim – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin, kagumi terintegrasinya data di Kampung KB Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Hal tersebut diungkapkan istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2022 di Kota Madiun, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan ini juga diikuti oleh Bupati/Wali Kota se-Jatim, Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, dan TP PKK se-Jawa Timur.

Menurut Arumi, Menurut istri Wakil Gubernur Jatim ini, pendataan yang terintegrasi juga bisa menjadi langkah yang jitu dalam menekan angka stunting di Jawa Timur.
Apalagi Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021, empat kabupaten di Jawa Timur masih berada dalam kategori merah stunting karena prevalensinya di atas 30 persen.

“Kampung KB ini bisa menjadi langkah preventif yang luar biasa, karena setelah ada kampung KB tidak ada pernikahan anak. Padahal sebelumnya di sini (Kelurahan Rejomulyo) pernah ada,” jelas Arumi.

Lebih lanjut, dalam penanganan stunting di empat daerah yang masih berada di zona merah akan terus dilakukan intervensi mulai dari persiapan menikah, saat hamil hingga intervensi gizi kepada anak dan mengawasi pola asuh orang tua kepada anak. (rizki/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.