BeritaFoto

BAZNAS Kota Batu, Serahkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh Kepada 2.048 Fakir Miskin

BAZNAS Kota Batu, Serahkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh Kepada 2.048 Fakir Miskin

BATU, Prokopim – Secara simbolis, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batu, mulai melaksanakan pentasyarufan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) untuk masyarakat.

Penyaluran pertama dilaksanakan di Balai Kelurahan Songgokerto, untuk 135 orang penerima yang juga disaksikan oleh Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, Selasa (19/4).

Wakil Wali Kota Batu menjelaskan, bahwa BAZNAS telah mengumpulkan ZIS dari ASN Pemkot Batu, Instansi Vertikal, BUM dan perorangan, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang berhak.

“Semoga kedepannya Baznas Kota Batu berkoordinasi dan bersinkronisasi dengan Pemerintah Daerah untuk pengumpulan dan penyaluran zakat,” kata Punjul.

Di kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Batu, H Ahmad Budiono, mengatakan bahwa jumlah penerima ZIS semakin menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Penurunan ini dikarenakan ada yang meninggal, ada juga yang kemampuan ekonominya membaik sehingga tidak memenuhi syarat sebagai penerima zakat lagi. Semoga jumlahnya terus berkurang, sehingga bisa disalurkan ke bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan usaha produktif, beasiswa dan sebagainya,” harap Budiono.

Menurut data BAZNAS, saat ini penerima ZIS berjumlah 2.048 yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Kota Batu.

Foto @rizki_asz
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.