BeritaFoto

Menkomarves Arahkan Pemda Optimalkan Beli Produk UMKM

BATU, Prokopim – Dalam rangka meningkatkan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri guna menyukseskan program Bangga Buatan Indonesia, Menko Marves (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi), Luhut Binsar Pandjaitan mengoordinasikan agar pemerintah pusat dan daerah untuk mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, terutama hasil dari UKM.

Menko Marves Luhut B. Padjaitan Pimpin Video Conference Rapat Koordinasi mengenai pembahasan dan arahan sosialisasi pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri dalam rangka gerakan nasional bangga buatan Indonesia yang berlangsung di ruang rapat utama, Balaikota Among Tani (21/2/2022) yang ikuti oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah serta kepala OPD dilingkungan Pemkot Batu.

Luhut B. Pandjaitan memimpin rapat koordinasi terkait optimalisasi belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dan UMKM melalui e-purchasing dan e-tendering dalam rangka Bangga Buatan Indonesia secara virtual pada hari Senin (21/2/2022). “Tujuan utamanya adalah untuk mendorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah membeli produk dalam negeri,” ungkap Menko Luhut ketika membuka rapat.

Terdapat tiga prinsip utama aksi afirmatif bagi pembelian produk dalam negeri. Belanja pemerintah wajib untuk Produk Dalam Negeri, termasuk belanja barang dan jasa. Jika ada impor, maka hal tersebut menjadi pengecualian dengan besaran impor maksimal 10%. Untuk K/L yang mengusulkan impor harus menyampaikan kebijakan, program, dan langkah pengurangan impor sampai dengan 5% pada tahun 2023.

Optimalisasi e-Purchasing dan e-Tendering juga perlu dilakukan. Pengadaan barang/jasa melalui e-Tendering agar mencantumkan syarat wajib menggunakan produk dalam negeri dan produk yang dihasilkan UMKM pada kontrak kerja sama. Hal ini mengoptimalkan potensi lebih dari 50% anggaran belanja K/L untuk produk dalam negeri.

Foto : @hermanderuiter33
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.