BeritaFoto

Wali Kota Batu Ikuti Giat Penanaman Mangrove Bersama Gubernur Khofifah

Wali Kota Batu Ikuti Giat Penanaman Mangrove Bersama Gubernur Khofifah

BANYUWANGI, Prokopim – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, mengikuti kegiatan penanaman mangrove bersama ibu Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa.

Kegiatan bertajuk “Nandur Mangrove” tersebut berada di kawasan ekosistem essensial Teluk Pangpang, Muncar, Banyuwangi, Jumat (29/10).

Sebelumnya, rombongan Gubernur dan wali kota/bupati Se-Jatim meninjau jalur akar bakau (mangrove) menuju lokasi penanaman.

Gubernur menyampaikan penanaman mangrove termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-76.

Selain itu, penanaman ini bertujuan untuk menyelamatkan ekosistem laut, meminimalisir abrasi serta berpotensi memberikan nilai ekonomis di masyarakat sekitar.

“Kegiatan Nandur Mangrove ini merupakan gerakan restorasi kawasan mangrove yang sedang kita giatkan di Jawa Timur untuk mengantisipasi perubahan iklim dan lingkungan,” kata Khofifah di Pantai Cemara, salah satu kawasan di Teluk Pangpang.

Di Banyuwangi, kegiatan ini dipusatkan di KEE Teluk Pangpang yang merupakan kawasan wisata konservasi mangrove dan cemara.

Kawasan ini memiliki nilai ekosistem penting yang menunjang kelangsungan kehidupan dan telah ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi di Jatim.

Foto @rizki_asz
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.