BeritaFoto

Siap Hadapi Bencana, Gelar Apel Bersama Siaga Bencana 2021

Siap Hadapi Bencana, Gelar Apel Bersama Siaga Bencana 2021

BATU, Prokopim – Kota Batu dengan bentang kondisi alamnya, tentu memiliki potensi kerawanan terhadap berbagai ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Potensi tersebut perlu diantisipasi, tentu dengan kesiapan personel, termasuk relawan bencana yang telah dibentuk oleh BPBD Kota Batu.

Menghadapi kerawanan bencana, utamanya di musim penghujan, Pemerintah Kota Batu, bersama Polres dan TNI menggelar Apel Siaga Bencana 2021, di halaman Mapolres Batu, Senin (25/10).

Apel diikuti oleh personel gabungan TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Damkar, PMI, Tagana, Kwarcab Pramuka, Orari, Rapi, Brantas Rescue, dan Senkom Kota Batu.

Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, hadir sebagai pembina apel, membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan peninjauan peralatan yang disiapkan jika dibutuhkan sewaktu-waktu menghadapi bencana.

Saat diwawancara oleh tim redaksi Prokopim, Wali Kota Batu mengatakan bahwa kondisi geografis Kota Batu rawan terhadap bencana.

“Eksisting daerah kita berlembah-lembah, kondisi itu menghawatirkan. Seperti yang disampaikan ibu Gubernur, kita harus tanggap mempersiapkan,” katanya.

Wali Kota juga telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mencegah banjir dengan membersihkan aliran sungai dari sampah dan ranting pohon.

Terkait dengan perlengkapan peralatan yang ada, Wali Kota Batu melihat kondisinya sudah siap pakai.

Namun, BuDe mengingatkan tentang perawatan dan pemeliharaan peralatan agar ketika dibutuhkan langsung siap digunakan.

Wali Kota Batu telah menetapkan bulan Oktober hingga April sebagai bulan siaga bencana.

Foto @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.