BeritaFoto

Wali Kota Batu Hadiri Seminar Strategi Promosi Ekspor Dalam Meraih Peluang Pasar Internasional

Wali Kota Batu Hadiri Seminar Strategi Promosi Ekspor Dalam Meraih Peluang Pasar Internasional.

BATU, Prokopim – Export Center Surabaya (ECS) menggelar sosialisasi tentang kebijakan ekspor dan informasi peluang pasar dalam mendorong peningkatan ekspor nasional di Hotel El Kartika Wijaya, Rabu (6/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, Kadin Jawa Timur, Irjen Kemendag RI, Kadin se-Malang Raya dan peserta dari UMKM cakupan wilayah Barkowil III Malang.

Wakil Ketua Umum Promosi Perdagangan M Adi Prasetyawan menjelaskan salah satu tugas ECS adalah memberikan solusi dan pendampingan pelaku usaha (UMKM) serta mendorong ekspor Jawa Timur dan cakupan ECS adalah 9 provinsi di Indonesia.

“Kadin berperan kuat berkolaborasi dengan dinas terkait membimbing standardisasi berbagai hal yang terkait dengan ekspor ini, karena sekarang nilai ekspor jatim sudah mulai meningkat,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Batu menjelaskan di Kota Batu banyak hasil turunan dari produksi pertanian. “Saya pernah membawa keripik apel ke Amerika, mereka sangat suka, dan ini adalah peluang luar biasa,” kata wali kota.

Wali Kota meminta kepala Dinas Pertanian dan Diskumdag untuk berkomunikasi dengan Pemprov Jatim, untuk memberikan fasilitasi kepada UMKM Kota Batu.

“Kepada pengusaha UMKM di Kota Batu, acara ini sangat bagus bagaimana memasarkan produksi bukan hanya pertanian untuk menjadi komoditas ekspor,” pungkas Wali Kota Batu.

Irjen Kemendag RI Didit Nurdiatmoko mengungkapkan berdasarkan laporan dari BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaik.

“Kita harus menjaga momentum, total ekspor Indonesia tinggi, tetapi dari sektor produk UMKM masih kurang dan menjadi prioritas untuk ekspor yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Kementrian Perdagangan juga secara rutin menggelar pameran baik secara online maupun offline, salah satu tujuannya adalah membantu pelaku usaha memasarkan produknya.

Foto @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.