BeritaFoto

FKUB Kota Batu Gelar Sosialisasi Pendirian Rumah Ibadah

FKUB Kota Batu Gelar Sosialisasi Pendirian Rumah Ibadah

BATU, Prokopim – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batu menggelar sosialisasi ijin pendirian rumah ibadah dengan tema “Sebagai Peluang dan Tantangan Dalam Memantabkan Kerukunan Umat Beragama” di Seulawah Grand View, Kota Batu, Selasa (28/9).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, sekaligus sebagai Ketua Dewan Penasehat FKUB, Kepala Kementrian Agama Kota Batu Drs. Imam Turmudi.

Wakil Wali Kota Batu menjelaskan, sosialisasi ini berdasarkan pada peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri no. 8 dan 9 Tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah.

“Selama FKUB sudah berdiri sejak 2 tahun lalu, tidak ada umat beragama yang mengajukan ijin membangun tempat ibadah. Mudah-mudahan di Kota Batu tidak terjadi seperti di daerah lain,” kata Wakil Wali Kota.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Batu M Ruba’i menjelaskan, sesuai dengan perannya FKUB mengampu 3 bidang keagamaan. Diantaranya, pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan dan perijinan pendirian rumah ibadah.

“Alhamdulillah, Kota Batu mendapatkan penghargaan Harmoni Awards 5 Januri 2021, yang didukung pemerintah dan Kemenag,” katanya.

Ruba’i berharap, masyarakat paham langkah yang perlu ditempuh dalam mengajukan ijin pendirian rumah ibadah.

Foto Rizki Herman
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.