BeritaFoto

Meningkatnya Kegempaan di Indonesia, BMKG Gelar Rakor bersama Kabupaten Kota se-Jawa Timur

Meningkatnya Kegempaan di Indonesia, BMKG Gelar Rakor bersama Kabupaten Kota se-Jawa Timur

BATU, Prokopim – Berdasarkan data dari BMKG, terjadi peningkatan gempa bumi di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jawa Timur.

Untuk itulah, Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, mengikuti webinar kajian dan mitigasi gempa bumi dan tsunami di Jawa Timur, secara virtual diruang kerjanya, Jumat (28/5).

Wakil Wali Kota Batu mengatakan, bencana adalah masalah kita bersama. Beliau mencontohkan gempa yang terjadi di Kabupaten Malang beberapa waktu lalu, semua daerah ikut bergerak.

Wawali juga berpesan agar semua masyarakat untuk selalu waspada, dan langkah yang diperlukan, untuk menyelamatkan diri dan keluarga. “Perlu untuk dilakukan pelatihan dan sosialisasi kemada masyarakat,” katanya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa, peningkatan kejadian gempa bumi di Indonesia khususnya pantai selatan Pulau Jawa, dimulai dari gempa kecil yang tidak dirasakan.

“Semua tidak mendadak gempa besar, dimulai dari beberapa gempa kecil yang tidak bisa kita rasakan,” katanya.

Ia juga berpesan agar untuk mengecek kesiapan aparat dan sarana, prasarana yang ada di pemerintah daerah jika terjadi tsunami

“Sejarah gempa di Jawa Timur pada masa lalu, pernah merasakan gempa yang besar. Tidak menutup kemungkinan, masa depan akan terjadi lagi,” jelasnya.

Potensi tsunami Jawa Timur berdasar analisa BMKG masih tinggi, terutama diseluruh pesisir pantai selatan. Ia, juga menekankan perlu kesiapan jalur evakuasi yang lebih baik lagi.

Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.