Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Peluncuran Pembuatan dan Perpanjangan SIM Online (SINAR)

BATU, Prokopim – Berkembangnya teknologi informasi dengan cepat, dimanfaatkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

POLRI meluncurkan aplikasi khusus yang disebut sebagai “pertama di dunia” pembuatan dan perpanjangan SIM online bernama SINAR (SIM Nasional Presisi) secara virtual.

Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso bersama Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, Ketua DPRD Asmadi, serta Kajari Dr Supriyanto mengikuti kegiatan ini di Command Center Mapolres Batu, Selasa (14/4/2021).

Aplikasi tersebut bisa diunduh langsung oleh para pengguna smartphone di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Nantinya, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

Dengan aplikasi tersebut, sebagian besar kepengurusannya membuat pemohon tidak perlu hadir ke Satpas. Tapi khusus untuk pembuatan SIM baru pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik.

Korlantas Polri juga akan menyiapkan Samsat Digital Nasional. Pelayanan itu juga kemungkinan akan diluncurkan pada akhir April 2021.

Foto : @rizki_asz
Prokopim Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *