KOTA BATU

KOTA BATU

Berita Foto Lensa KWB

Kepala BMKG Sosialisasikan Mitigasi Bencana Hidrometorologi dan Geofisika

BATU, Prokopim – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menerima kunjungan Kepala Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prof Ir Dwikorita Karnawati di Rupatama Balaikota Among Tani, Rabu (14/4/2021).

Kepala BMKG menjelaskan bahwa kondisi lahan dan batuan dengan wilayah lereng Gunung Semeru sama. Rumah warga banyak yang rusak akibat gempa yang melanda pada hari Sabtu yang lalu.

Sedangkan, wilayah Kota Batu dikelilingi oleh pegunungan. Seperti, Gunung Semeru, Welirang, Panderman, Wilis. Profesor perempuan ini juga mengingatkan bahwa gempa kemarin, bukanlah gempa yang besar.

“2 (dua) bulan kami melakukan kajian, mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi mitigasi (persiapan yang dilakukan jika bencana terjadi),” ungkapnya.

Beliau juga apresiasi tentang prosedur keselamatan bangunan gedung di Balaikota Among Tani. Beliau juga berharap ada mitigasi warga agar menjadi budaya jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sudah terlatih untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu, Wali Kota Batu menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan Kepala BMKG dan rombongan ke Kota Batu.

Wali Kota juga menjelaskan tentang *kejadian* bencana yang pernah terjadi seperti angin kencang, banjir bandang, tanah longsor dan kebakaran hutan.

Untuk itu, Wali Kota Batu juga berharap ada kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah, Polri, Polhut, LMDH, Perhutani dan masyarakat sekitar agar tidak membuka lahan baru dengan seenaknya.

Foto : @hermanderuiter33
Prokopim Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *