Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita

Selamatan Banyu, Wujud Syukur Kepada Alam

Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso menghadiri kegiatan Selamatan Banyu dan Revitalisasi Kelestarian Sumber Daya Alam di Kedaton Galuh Purba, Dusun Sabrang Bendo, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan yang bertajuk “Banyu Pusoko Hambangun Negoro” tersebut juga dihadiri tokoh kebudayaan, serta dinas terkait.

YM Robiyan, Panglima Daerah Baranusa Kota Batu menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk wujud syukur atas melimpahnya sumber air di Dusun Sabrang Bendo.

Saat ini ada dua sumber yang dimanfaatkan yakni Sumber Mbah Gede untuk kebutuhan harian masyarakat dan Sumber Mbah Rebun yang dimanfaatkan untuk pertanian masyarakat RT 56 RW 07.

Sementara itu, Kepala Desa Giripurno berharap dengan sumber air ini, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga. “Mohon dipelihara, mudah-mudahan mendapat predikat gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo,” katanya.

Wakil Wali Kota Batu berharap, pohon pepaya yang sudah ditanam bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga. Dan segala upaya yang dilaksanakan untuk melestarikan alam berjalan dengan lancar.

Beliau juga menceritakan bahwa Kota Batu adalah hulu Sungai Brantas. “Penting untuk menjaga mata air yang ada, agar tidak ada kejadian yang tidak diharapkan,” pesannya.

Wakil Walikota Batu juga berharap kegiatan ini memberikan manfaat untuk generasi penerus. “Nenek moyang kita, sudah meninggalkan pepohonan untuk dirawat. Maka kita harus rajin menanam untuk generasi anak cucu kita” pesan Wakil Wali Kota.

Kegiatan itu di tutup dengan pemotongan tumpeng. Serta penandatanganan prasasti di kain putih oleh Wakil Wali Kota.

Foto @edytink_kdc
Prokopim Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *