Berita

Kota Batu Salah Satu Prioritas Penerapan ETLE di Wilayah Polda Jatim

Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Wisata Batu menjadi salah satu prioritas wilayah di Polda Jatim selain Kabupaten Gresik, Madiun dan Lamongan.

Hal itu disampaikan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta saat launching ETLE oleh Korlantas Polri secara virtual di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim, Selasa (23/3/2021).

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, Kasdim 0818 Malang Batu dan Kadishub Imam Suryono.

Kapolda menegaskan bahwa ETLE ini menjadi salah satu inovasi yang dibuat berdasarkan keinginan masyarakat, khususnya bidang pelayanan yang dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas.

“Salah satu parameter keberhasilan tugas Polri adalah tingkat kepuasan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan Polri,” ungkapnya.

Di Kota Batu sendiri ada tiga titik penerapan ETLE, yakni di simpang empat Jalan Panglima Sudirman (Perempatan BCA), simpang empat Jalan Diponegoro (Lippo Plaza Batu) , dan simpang empat jalan Trunojoyo Pesanggrahan.

Saat ini Dinas Perhubungan telah memasang CCTV yang nantinya digunakan oleh Polres Batu untuk memantau pelanggaran yang terjadi di titik yang telah ditentukan tersebut.

Penerapan ETLE memakai empat kamera pendukung yaitu Face Recognition (deteksi wajah), Kamera Cek poin, Automatic Plat Number Recognition (ANPR) dan traffic flow management.

Foto Rizki Aszihar
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.