BeritaFotoLensa KWB

Diretur Jendral (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK RI Resmikan IPAL Domestik di Desa Pesanggrahan

Diretur Jendral (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI MR Karliansyah meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik di Jl Lesti, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Rabu (03/03/2021).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Jajaran pejabat Kementrian KLHK, Pemprov Jawa Timur, Wakil Wali Kota Ir H Punjul Santoso, Camat Batu dan Kepala Desa Pesanggrahan serta tokoh masyarakat.

Direktur Pengendalian Pencemaran Air Lukmi Purwandari menjelaskan bahwa IPAL bertujuan untuk mengolah air limbah rumah tangga sehingga mengurangi pencemaran ke sungai dan lingkungan sekitar.

“Dibangun dengan konsep pemberdayaan masyarakat, pembangunan IPAL seperti ini bisa menjadi inspirasi dan diaplikasikan di tempat lain,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu menyebutkan bahwa Kota Batu mempunyai sumber mata air, yang menjadi hulu DAS Brantas dan mengaliri sebagian kota/kabupaten di Jawa Timur.” Mudah-mudahan kedatangan pak Dirjen membawa berkah bagi warga Kota Batu,” tambah Wakil Wali Kota.

Dirjen Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Kementrian KLHK berharap kedepan tidak hanya satu tempat, namun bisa dibangun di tiga tempat yang lain dengan memanfaatkan lahan yang terbatas.

“Ini konsep pertama di Indonesia dengan memanfaatkan lahan terbatas untuk mengolah lingkungan dan dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat semoga bisa berjalan bertahun-tahun kedepan,”katanya.

Lebih lanjut Dirjen KLHK berharap Kota Batu menjadi pemasok air bersih untuk lingkungan disekitarnya.

Ayo dulur kita sayangi alam, maka alam akan sayangi kita.

Foto : @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.