BeritaFoto

Wali Kota Batu Ingatkan Pentingnya Guru Saat Jadi Keynote Speaker Workshop Peningkatan Kompetensi Guru

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Eny Rachyuningsih bersama jajaran dan Perwakilan guru se Kota Batu secara virtual menghadiri kegiatan workshop nasional dengan tema” Peningkatan Kompetensi Guru melalui PKG online berbasis Authentic Assesment di era Revolusi Industri 4.0″, bertempat diruang command center Balaikota Among Tani, Kota Batu, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Karisma Academy dan Dinas Pendidikan Kota Batu yang diikuti oleh 3.150 guru seluruh indonesia secara online. Seminar ini menjadi seminar online guru dengan jumlah peserta terbanyak pertama di Indonesia.

Walikota Batu selaku keynote speaker dalam seminar ini akan menyampaikan sebuah judul tentang pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi remaja masyarakat.

Walikota Batu menjelaskan, bahwa kalau di jawa guru itu singkatan dari digugu lan ditiru artinya digugu lan ditiru itu adalah dipelajari, dicontoh. Itu memang peran utama atau sikap utama yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Dimana ketika menjadi seorang guru segala sikap, perilaku, tutur kata itu adalah hal hal yang harus dibetul betul bisa menjadi teladan dan itulah konsekuensi dari peran seorang guru. Sebagaimana yang ditelah disampaikan oleh pahlawan pendidikan
Ki Hajar Dewantara dengan kata bijaknya yaitu ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

Jadi guru itu didepan memberi contoh, ditengah tengah bisa untuk memberikan motivasi atau dorongan tetapi bisa dibelakang untuk menyemangati anak anak. Seorang guru itu harus menjaga moral, budi pekerti, dan karakter bangsa serta penyeimbang informasi.

Lebih lanjut Walikota Batu mengatakan, Guru sekarang harus menguasai ilmu yang dimilikinya sesuai mata pelajaran yang diambilnya tetapi juga harus bisa menguasai IT, karena kalau tidak bukan hanya ketinggalan tetapi juga tidak bisa memberikan fasilitas yang terbaik bagi murid muridnya. Guru harus menjadi agen tranformasi yang menggunakan teknologi, dan ditengah pandemi ini pentingnya SDM Guru Tangguh.

@rizki_asz
@hadiwe87

Leave a Reply

Your email address will not be published.