BeritaFoto

Penganugerahan Pemenang BUMDES Award ITS 2020

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan Penganugerahan Pemenang BUMDES Award ITS 2020 yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November melalui aplikasi zoom meeting dirumah dinas Walikota, Jl P Sudirman no 98, Kota Batu, Rabu (11/11/2020). Hadir dalam kegiatan ini Deputi Koordinasi Peningkatan Kualitas dan Moderisasi Beragama Menko PMK Agus Satono, Wakil Gubernur Jawa timur Emil Elestianto Dardak, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng beserta jajaran, Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri (PKKPBI) ITS Dr Ir Arman Hakim Nasution, serta para pemenang Award BUMDES se Jawa timur.

Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri (PKKPBI) ITS dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerjasama antara ITS dengan Pemprov Jawa timur yang dalam waktu tidak terlalu lama berhasil menyeleksi BUMDES se jawa timur. Kami merasa mendapatkan kehormatan untuk menjadi mitra selama 3 tahun kedepan dalam bekerja sama, berkolabirasi, pembinaan dalam mengelola BUMDES baik dari sisi teknologi, manajemen, pasar, dan financial. “Bagaimana kita bisa meningkatkan ketahanan nasional sehingga area BUMDES adalah agrobisnis, industri kreatif, wisata desa, yang berhubungan dengan ketahanan pangan dalam mengembangkan dan memperkuat ketahanan ekonomi dimulai dari desa,”katanya.

Kepala Rektor ITS dalam sambutannya mengatakan, bahwa BUMDES memang harus dikelola dengan sebaik baiknya karena kalau tidak maka akan diisi oleh bisnis yang lain yaitu swasta.

Sementara itu, Walikota Batu dalam sambutannya mengatakan, sangat bangga sekali dan senang bisa berada diacara ini apalagi ada 2 desa di Kota Batu yang menjadi pemenang yaitu BUMDES Rejeki Barokah Desa Sumbergondo dan BUMDES Raharjo Desa Pandanrejo yang menjadi juara 2 dan 3 kategori social media dan digital marketing. Kami bersyukur karena BUMDES itu mempunyai SDA, SDM ygan sangat relatif bagus,tetapi memang banyak dari BUMDES kami masih belum punya ilmu yang baik. Oleh sebab itu bantuan dan kerjasama dari intitusi pendidikan terutama dari akademisi ini akan menjadi tenaga baru supaya BUMDES nantinya bisa diharapkan akan menjadi BUMDES yang mandiri yang kemudian bisa menjadikan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan didesanya masing masing. “Sesuai dengan apa yang dicanangkan oleh pemerintah Kota Batu yaitu desa berdaya kota berjaya. Sehingga kami berharap semua BUMDES nanti berdaya dan berjaya agar supaya bisa mensejahterakan masyarakat,”katanya.(hms)

Fotografer : Daniel Hermanto / Narasi : Hadi Wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.