BeritaFoto

Grand Final Pemilihan Kangmas Nimas Tahun 2020

BATU,Humas – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata Kota Batu menggelar acara Grand Final Pemilihan Kangmas Nimas Tahun 2020,bertempat di hotel Klub Bunga Butik Resort, Kota Batu, Rabu (21/10/2020) malam. Hadir dalam acara ini Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, Sekda Batu Drs Zadim Effisiensi beserta Kepala SKPD dilingkungan Pemkot Batu, Narasumber, Kepala sekolah finalis, Orang tua finalis dan para peserta finalis duta wisata Kota Batu 2020, serta hadir pula duta wisata dari daerah lain secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Acara dibuka dengan tarian biodo sinoman yang diperagakan oleh para finalis kangmas nimas Kota Wisata Batu. Dalam babak grand final ini ada 20 peserta yang terdiri dari 10 Kangmas dan 10 Nimas yang lolos. Para finalis diminta untuk menyampaikan visi misi jika terpilih sebagai duta wisata Kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief A Sidiq dalam laporannya mengatakan,tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mewujudkan kaderisasi pelaku kepariwisataan kota batu yang handal dalam mempromosikan berbagai obyek dan daya tarik wisata, budaya dan edukasi modern kota batu kepada wisatawan nusantara maupun internasional. “Maka untuk menciptakan generasi muda tersebut salah satu program yang kita pilih adalah pemilihan duta wisata kota batu yang nantinya dapat mewakili kota batu dalam ajang yang lebih tinggi,”katanya.

Arief AS menambahkan bahwa seleksi grand final kangmas nimas 2020 ini telah terpilih masuk grand final 10 pasang, harapannya nanti yang terpilih bukan hanya tampan dan cantik tetapi memiliki kompetensi kecerdasan, kreatifitas, ketrampilan serta memiliki gagsan seni budaya serta kepariwisataan yang ada di Kota Batu. Serta nantinya bisa memberikan sumbangsih guna membangun dan mengembangkan kepariwisataan yang lebih maju termasuk pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlandaskan visi misi Kota Batu yaitu Desa Berdaya Kota Berjaya. “Pemenang ajang ini diharapkan dapat memahami tugas yang diembannya sebagai duta wisata Kota Batu sehingga pembangunan kepariwisataan semakin dikenal dan memiliki citra positif dikancah nasional maupun internasional,”pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Batu dalam sambutannya mengatakan, bahwa ajang ini adalah untuk melihat potensi potensi keunggulan pemuda pemudi Kota Batu yang semakin tahun maju yang nantinya bisa berkiprah bukan hanya di Kota Batu tetapi di tingkat nasional maupun internasional. “Seperti yang saya lihat dari lulusan ajang ini ada yang bekerja di televisi nasional,dan saya bangga sekali bahwa ajang ini menggali potensi pemuda pemudi Kota Batu,”katanya.

Lebih lanjut, Walikota Batu berpesan kepada para finalis yang terpilih dan yang akan menjadi pemenang nantinya bisa mensyiarkan hal hal yang baik untuk Kota Wisata Batu, bukan hanya kepariwisataannya tetapi juga kebudayaan, kehidupan, serta kampaye kesehatan melalui protokol kesehatan itu terus dilakukan. Karena pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri kalau tidak dibantu oleh seluruh stakeholder khususnya anak anak milenial ini. “Kepada dinas pariwisata diharapkan ajang seperti ini terus diperbaiki dan anak anak yang terpilih nantinya selalu diaktifkan dalam acara kedinasan di Pemkot Batu supaya mempunyai bekal dan pengalaman dalam kehidupan,”katanya.(hms)

Fotografer : Edy Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.