BeritaFoto

3 Warsa Sabers Pungli “Mari Bergerak di Hulu”, Walikota Pesan Mari Bersama Jaga Sungai dan Kedepan Jangan Sampai Nyemplung Kali Lagi

Batu, Humas – Giat Sapu Bersih Nyemplung Kali yang rutin digelar oleh Komunitas sabers pungli dan pecinta lingkungan Kota Batu hampir tiap minggu kini sudah berjalan sekitar kurang lebih 3 tahun. Dengan tema 3 Warsa Sabers Pungli “Mari Bergerak Di Hulu” kali ini diagendakan di Kali Kebo, Lesti, Kelurahan Ngaglik, Sabtu (03/10/2020).

Hadir dalam giat tersebut Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko didampingi Kapolres Batu, Komandan Poltekad, Pabung Kodim 0818, Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup serta diikuti seluruh komunitas sabers Pungli, 50 Anggota Poltekad serta warga kelurahan Ngaglik. Kegiatan seperti biasa langsung diawali dengan turun ke sungai dan bahu membahu membersihkan sampah.

Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko melihat langsung di beberapa titik dan berdiskusi dengan warga sekitar yang juga ikut serta turun membersihkan sungai. Kegiatan selain Nyemplung Kali dirangkai dengan webinar pengelolaan sampah online bersama PKK Kota Batu, selain itu Sarasehan dan syukuran mata air juga mengurai permasalahan seputar sungai dan Sumber mata air.

Terimakasih kepada Komandan Poltekad membawa 50 anak didik nya sungai ini langsung bersih, Selamat Hari TNI semoga TNI semakin Jaya dan bermanfaat bagi masyarakat, “pesannya.

Komunitas ini sungguh luar biasa dan masyarakat juga ikut menyambut dengan antusias, kedepan sabers Pungli ini tetap ada dan semoga kedepan sabers Pungli ini tidak perlu Nyemplung Kali karena artinya masyarakat sudah sadar tidak me buang sampah di sungai, “tambahnya . Tujuan kegiatan ini yang utama adalah mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah disungai,” tegasnya saat di acara Sarasehan.

Sementara itu Komandan Poltekad menyampaikan sangat mendukung dan kalau perlu anak didik kami selalu dilibatkan karena memang untuk menumbuhkan semangat cinta lingkungan ke mereka. Saya juga sangat setuju ke ibu wali kedepan sabers Pungli ini jangan Nyemplung Kali kalau terus berarti usaha kita ini sia-sia karena masyarakat belum sadar, tambahnya.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama menyampaikan saya sudah satu tahun ini ikut sabers dan saya mengucapkan terimakasih ke Kapolres Batu yang lama bapak Budi Hermanto yang menginisiasi acara ini harusnya sabers Pungli di tahun ketiga ini tidak Nyemplung Kali melainkan kontrol kali saja (Sabers Troli) yang berarti masyarakat nya sadar semua kalau perlu dijadikan jogging track atau di budidaya kan ikan seperti daerah lain akan lebih bagus dan bermanfaat bagi masyarakat apalagi di tengah Pandemi saat ini, “jelasnya.

Perwakilan kementerian menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mulai sadar tidak membuang sampah disungai dan mari bersama-sama lebih baik lagi demi ke langsungan generasi kita berikutnya. (hms)

fotografer : yudha ari nurhamid

Leave a Reply

Your email address will not be published.