Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Diskusi Publik Walikota Bersama Pedagang Pasar Besar Kota Batu

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menemui Himpunan Pedagang Pasar (HPP) Besar Batu untuk berdialog secara terbuka membahas rencana pembangunan pasar tahun 2021, Selasa (18/8/2020) pagi.

Dialog yang juga disaksikan ratusan pedagang pasar dengan wali kota ini menggunakan gang di tengah toko dan deretan lapak-lapak pedagang.

Dalam kesempatan ini tidak disia-siakan para pedagang untuk mengungkapkan berbagai unek-uneknya. Mulai dari dana pembangunan sebesar Rp 200 miliar hingga kelengkapan dokumen pembangunan.

Hadir dalam dialog tersebut Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Sekda Kota Batu Drs Zadim Effisiensi beserta Kepala BKD M Chori, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Eko Suhartono, serta perwakilan Himpunan Pedagang Pasar (HPP) Kota Batu.

Dihadapan para pedagang, Walikota Batu mengatakan, bahwa pembangunan pasar ini untuk kepentingan kesejahteraan pedagang dan masyarakat.

Persiapan pembangunan ini akan dilakukan secara transparan, karena itu kami meminta kepada Kepala Diskumdag untuk mengajak perwakilan HPP untuk berdialog langsung dengan Pemerintah Pusat secara virtual.

“Alhamdulillah ini pertemuan formal pertama, sebelumnya sudah beberapa kali bertemu dengan perwakilan pedagang namun secara non formal , pertemuan formal awal yang bagus, karena selama ini ada satu informasi yang kurang jelas dan tidak pas yang mereka (pedagang) terima, sehingga dipersepsikan sendiri oleh mereka,” ujarnya.

Menurut walikota, ada beberapa informasi yang kurang pas seperti terkait penggunakan anggaran pembangunan Pasar Besar Batu yang sudah ada Peraturan Presidennya.

Walikota juga menjelaskan bahwa anggaran sebesar Rp 200 miliar yang dipergunakan untuk pembangunan Pasar Besar Batu tidak diterimakan kepada Pemkot Batu, namun proses pembangunan dilakukan langsung oleh Pemerintah Pusat. “Bukan dicairkan Pemkot Batu lho, tapi dibangunkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Foto @danielh3rmanto

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *