BeritaFoto

Kunjungan Kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Desa Ramah Anak Difabel Desa Junrejo

BATU,Humas – Seusai mengunjungi kampung ramah anak di Desa Punten, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso dan Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri melanjutkan kunjungan kerja ke desa ramah anak difabel bertempat di pasar rakyat pring harjo Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis (27/2/2020). Turut hadir dalam kunjungan kerja ini Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, Ketua GOW Kota Batu Aini Zadim Effisiensi, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Wakapolres Batu Kompol Suharsono, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindunangan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB M.Forkhan, Plt.Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wiwik Nuryati, Kabag Humas Santi Restuningsasi, Camat Junrejo Arief beserta Muspika Junrejo, Kepala Desa Junrejo Andi Faisal beserta perangkat Desa Junrejo, dan Ibu ibu PKK Desa Junrejo serta anak difabel yang tergabung dalam forum anak arjuno Desa Junrejo.

Kepala Desa Junrejo Andi Faisal dalam sambutannya mengatakan bahwa forum anak arjuno ini berbeda dengan forum anak anak yang lainnya, karena disini anak anak berkebutuhan khusus. Tetapi kami tidak pernah membedakan antara yang berkebutuhan khusus atau tidak, baik dalam mereka menempuh pendidikan di SD maupun SMP mereka diperlakukan sama untuk berbaur dengan yang lainnya. Dalam kegiatan didesa mereka juga dilibatkan. Karena masa anak-anak adalah masa yang harus nikmati ,semua memiliki hak untuk itu. Anak juga bisa memahami bagaimana mereka memiliki teman dan saudara dg menggunakan bahasa isyarat agar mereka berbaur dengan yang lainnya. “Disini mereka tumbuh bersama,menikmati masa anak anak dengan nyaman tanpa kami beda bedakan. Semoga dengan kunjungan ibu menteri ini menjadi semangat anak anak kedepan lebih baik lagi utk bersama sama menikmati masa anak anak dengan baik dan nyaman,” ungkapnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada saat diwawancarai menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas partisipasi masyarakat yang sudah menempatkan anak anak difabel untuk memotivasi bahwa mereka sama dengan anak anak yang lainnya. “Mudah mudahan ini bisa menjadi inspirasi didaerah lain ketika anak anak berkebutuhan khusus ini mari kita gandeng, memotivasi mereka bahwa mereka mempunyai kesempatan yang sama dengan anak yang lainnya. Didalam kekurangan mereka punya kelebihan inilah yang harus kita galih,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini ibu menteri disambut dengan puisi dan tarian dari anak difabel forum anak arjuno dan diberi cinderamata berupa kolase dan dokumenter anak anak difabel oleh Ketua forum anak arjuno Desa Junrejo Andi Ghassani Salwa. Sebelum mengakhiri acara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati membagikan bingkisan berupa tas dan kelengkapan sekolah kepada anak anak difabel dan forum anak arjuno. (hms/pandermannews)

fotografer : herman rizky/ edy susanto / berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.