BeritaFoto

Gerakan Nasional Pemulihan DAS Brantas, Walikota Harapkan Kualitas Lingkungan dan Hidup lebih baik

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko dalam sambutan selamat datang menyambut kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI)
Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar puncak acara Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) tahun 2019 menyampaikan beberapa harapan dan kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk menjaga aliran sungai brantas.
.
Walikota berharap dengan diadakannya kegiatan GNPDAS di Kota Batu dapat menambah semangat dan motivasi bagi warga Kota Batu untuk memperbaiki lingkungan dan kualitas hidup yang lebih baik.
.
Walikota menambahkan, dalam upaya menjaga kebersihan lungkungan khususnya sungai, masyarakat sudah melakukan gerakan Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali), dan dari hasil pembersihan sampah tersebut diolah kembali dalam berbagai barang layak guna, misalnya pot bunga yg berbahan dasar bekas pempers.
.
Dalam sambutan terakhirnya Dewanti, berpesan agar masyarakat Kota Batu ikut peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya sungai.
.
GNPDAS merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh KLHK bersama masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan untuk penyelamatan sumber daya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi. Serta merupakan pengembangan atas agenda tahunan penanaman pohon pada kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dengan perspektif yang lebih luas yaitu pemulihan lahan kritis di hulu DAS.
.
Semangat GNPDAS sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa penanganan wilayah kritis harus dilakukan secara komprehensif dengan prinsip keterpaduan pekerjaan penanaman, sipil teknis, dan teknik pembibitan, serta mengaktifkan semua unsur/elemen dan partisipasi masyarakat. Penanganan wilayah kritis harus menghasilkan perubahan, membangun kesempatan kerja dan mengatasi kemiskinan selain mengatasi permasalahan lingkungan.
.
.
.
Foto : @rizki_asz

Leave a Reply

Your email address will not be published.