BeritaFoto

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Apresiasi Penanganan Bencana di Kota Wisata Batu

Batu,Humas – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) hadir di Kota Wisata Batu dan disambut oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko beserta jajaran,Senin (28/10/2019). Dalam kesempatan rapat yang di gelar di ruang rapat utama lantai 5 tersebut Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Dody Usogo HGS usai Rapat Koordinasi penanganan bencana menyebut penanganan bencana di Kota Batu sebagai penanganan terbaik.

Dengan indikator keberhasilan terlihat dari kondisi daerah bencana pasca masa tanggap darurat bencana berakhir dalam satu minggu kondisi daerah bencana sudah normal. Menurutnya Pemerintah Kota Batu sudah memiliki protap tangguh bencana yang baik dan dapat dijalankan dengan baik serta kompak dilakukan banyak elemen.

Artinya penanganan tidak hanya dilakukan OPD saja, namun juga melibatkan instansi samping seperti TNI, Polri hingga relawan bahkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi resiko bencana juga luar biasa,”tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko M.Si mengatakan bahwa pasca penanganan bencana semua selokan dan sungai kita bersihkan agar kalau hujan turun tidak terjadi banjir, selain itu kita juga buat sumur resapan, agar air bisa langsung masuk ke dalam tanah. Menurut BPBD Kota Batu masyarakat yang tinggal di daerah rawan juga sudah didata dan nanti akan diberikan edukasi terkait kerawanan bencana,”pungkasnya. (hms/pandermannews)

fotografer : daniel/edy

Leave a Reply

Your email address will not be published.