BeritaFoto

Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi 2019 Hadir di Kota Wisata Batu

Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi 2019 Hadir di Kota Wisata Batu

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko menghadiri sekaligus membuka secara langsung Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi “Roadshow Bus KPK” 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Republik Indonesia di Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (10/9/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Penasehat KPK RI Sarwono Sutikno, Kepala Korwil Jatim-Bali dan NTT KPK Asep Rachmat Suwanda, Kapolres Batu AKBP. Budi Hermanto, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Dandim 0818 Batu-Malang Letkol Inf. Ferry Muzawwad, Ketua DPRD Sementara Batu Cahyo Edi Purnomo beserta Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Batu, Kepala BPN Batu Andi Rapiudin, BPJS Ketenagakerjaan Batu, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm. Choirul Effendi, Sekda Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, dan Lurah dilingkungan Pemkot Batu, serta para ASN Kota Batu dan pelajar SMA/MA/SMK se-Kota Batu.

Pada kesempatan ini Dewan Penasehat KPK RI Sarwono Sutikno dalam sambutannya mengatakan bahwa pencegahan korupsi harus dilakukan. Kota Batu itu menjadi mutiara di Jawa Timur dan Indonesia dengan alam yang sejuk dan udara yang bersih ini.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya semoga harapan harapan baik itu bisa terkabulkan, walaupun nanti keputusannya dari Allah SWT tapi kita wajib berusaha, dan usaha itu yang dinilai,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko sebelum membuka secara langsung kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih karena Kota Batu diberi kesempatan untuk menerima dan memanfaatkan Bus KPK sebagai bagian dari komitmen pemerintah dalam pencegahan korupsi di tataran manajemen pemerintahan serta pada aspek pendidikan. Karena kegiatan Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi melalui Roadshow Bus KPK merupakan salah satu upaya pencegahan praktik korupsi dengan sasaran meningkatkan partisipasi public terutama kalangan pendidik dan pelajar. Selain itu juga melibatkan unsur ASN, pimpinan dan anggota legislatif, Pemerintah Desa, Pelaku UMKM dan penggiat anti korupsi.

Lebih lanjut walikota menambahkan bahwa dengan komitmen dan niat tulus untuk menjalankan semangat anti korupsi dan perbaikan layanan publik sebagaimana amanat Permen PAN-RB nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan wilayah Birokrasi Bersih dan melayani dilingkungan Pemkot Batu, maka pada hari ini Dewanti Rumpoko selaku Walikota Batu mencanangkan “PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM) dilingkungan Pemkot Batu, dengan menargetkan sebanyak 10 unit kerja sebagai rintisan WBK yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan terpadu satu pintu dan tenaga kerja, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, badan Keuangan daerah, Inspektorat,Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo,Kecamatan Bumiaji dan Bagian Layanan Pengadaan Setda Batu.

Acara ini dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Kajari Batu dan dilanjutkan penandatangan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilingkungan Pemkot Batu oleh Pemkot Batu dan KPK. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Bus Roadshow KPK dan peninjauan pameran publik.

Kota Batu menjadi kota ke-22 yang singgahi oleh Bus KPK. Dan Roadshow Bus KPK di Kota Batu ini digelar selama dua hari, yaitu mulai hari Selasa – Rabu tanggal 10 – 11 September 2019, dan dibuka sejak pukul 08.00-16.00 WIB.

Didalam Bus KPK ini menyediakan perangkat pembelajaran antikorupsi yang bisa diakses dan dilengkapi sarana prasarana pendidikan, sosialisasi dan kampanye anti korupsi. Kemudian dalam acara roadshow ini akan diisi dengan berbagai macam kegiatan menarik diantaranya, edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum, pameran pelayanan publik, sosialisasi pengaduan masyarakat, klinik LHKPN dan e-Annauncement, Bimtek pengisian LHKPN, sosialisasi panduan pencegahan korupsi utk dunia usaha (CEK) kpd KAD dan para pelaku usaha di Kota Batu, diskusi publik dengan komunitas dan masyarakat sipil Kota Batu, pembekalan/sosialisasi antikorupsi dan sosialisasi SIPP untuk caleg terpilih DPRD Kota Batu, sosialisasi panduan pencegahan korupsi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Batu, sosialisasi diseminasi pendidikan antikorupsi untuk guru PKN, sosialisasi literasi antikorupsi, dan sosialisasi aplikasi JAGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.