BeritaFoto

Kunjungi Kota Batu, Pangdam V Brawijaya Apresiasi Tim Reaksi Cepat Pemadaman Kebakaran Gunung Arjuno

BATU, Humas – Wali Kota Batu Hj.Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu H.Punjul Santoso menerima kunjungan kerja Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnu Prasetyo Budi dalam rangka Pengecekan dan Penanganan Kebakaran Hutan di wilayah Kodim 0818 Kota Batu bertempat di Ruang Rapat Utama Lt. 5, Balikota Among Tani, Kota Batu, Senin (5/8/2019). Hadir dalam kegiatan ini Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur beserta jajaran, Jasa Tirta Selorejo, Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang, serta Sekda Kota Batu beserta Kepala OPD dilingkungan Kota Batu.

Pada kesempatan ini Wali Kota Batu Hj.Dewanti Rumpoko dalam sambutannya melaporkan bahwa pada tanggal 28 Juli 2019 gunung arjuna mulai terlihat asap dan api, yang kemudian Tahura dan BPBD melaksanakan koordinasi dan reaksi cepat dan direkomendasikan untuk ditetapkan sebagai tanggap darurat. Saya selaku pimpinan wilayah yang kebetulan wilayah gunung arjuna yang terbakar itu berada di Kota Batu. Saya yang mendapat informasi dan masukan dari BPBD Prov.Jawa Timur dan Tahura untuk ditanggapi secara cepat dengan cara dilakukan water boom pada hari sabtu dan minggu. Sehingga pada hari ini hanya dipantau kemudian pada hari selasa besok akan ada evaluasi dan laporan. Saya mohon maaf selaku kepala daerah tidak berkoordinasi dahulu dengan Dandim 0818 dan Polres Batu, karena situasi dan kondisi yang harus cepat kami lakukan.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnu Prasetyo Budi dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Walikota Batu atas berkenannya menyambut kedatangan kami untuk melihat kondisi kebakaran hutan ini. Saya mengetahui kebakaran hutan ini pada hari jumat (2/8)2019) pada saat saya makan siang di Kodam ada running text ditelevisi ada kebakaran hutan,saya lamgsung perintahkan staf kodam untuk mengecek dan memberi laporan. Dimana pada update berita di tv disiarkan sekian hektar (10 ha) yang terbakar,kemudian ada water boom ini berarti serius. Karena masalah kebakaran ini sensitif,sering terjadi dan selalu terjadi di sumatra dan kalimantan dan ini mendapat perhatian serius dari dunia internasional karena sangat mengganggu. Dan ini merembet ke Jawa Timur apalagi sampai penggunaan water boom dan mengunakan heli ini berarti sangat serius. Sebenarnya kami pada hari minggu mau ke Kota Batu tetapi karena ada undangan di Jakarta,akhirnya pada hari ini kami ke Kota Batu untuk memastikan kondisi kebakaran ini,Kemudian Kodam siap untuk mengerahkan personil / peralatan yang dimiliki untuk mengatasi kebakaran ini. Jangan sampai image Indonesia ini darurat kebakaran, karena dampaknya tidak bagus banget untuk penilaian internasional. Dalam kondisi dan suasana negara indonesia yang kondusif dan damai ini, TNI AD khususnya Kodam V Brawijaya tetap akan memberikan kesiapsiagaan dan kontribusinya apabila memang dibutuhkan bukan hanya masalah kebakaran saja, tetapi apa saja yang menyangkut hajat hidup orang banyak,serta akan siap menurunkan kemampuan dan kekuatannya dalam membantu mengatasi kesulitan yang ada di masing masing wilayah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Paparan penanganan kebakaran hutan digunung arjuna dan peninjauan langsung ke lokasi di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (hms/pandermannews)

foto : edy susanto berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.