KOTA BATU

KOTA BATU

Berita Foto

Gebyar Bantengan Nuswantara 2019

Humas , Batu – Gebyar Bantengan Nuswantara 2019 berhasil menarik perhatian warga Kota Batu. Tampak ribuan penonton memadati di sepanjang jalan Panglima Sudirman, Minggu (4/8).

Festival Bantengan Nuswantara ke 11 ini merupakan acara tahunan. Di tahun ini ada sejumlah seratus peserta lebih dari berbagai daerah mengikuti kegiatan tersebut. Dari Malang Raya hingga luar pulau. Dan peserta paling jauh dari Batam.

Sebanyak seribu bantengan diarak dari Stadion Gelora Brantas menuju ke Jalan Agus Salim, Jalan Gajahmada, Jalan PB Sudirman dan finish di depan Rumah Dinas Wali Kota Batu Jalan Panglima Sudirman. Di sana menampilkan berbagai atraksi.

Mulai dari atraksi menari hingga ada atraksi debus yaitu memutus rantai besi hingga mematahkan baalok yang dipukulkan di kepala. Sontak aksi tersebut menjadi perhatian penonton. Ada yang berteriak, ada yang menutup mata, bahkan mereka tak ingin ketinggalan mengabadikan moment mengerikan tersebut.

Tak hanya itu saja puluhan peserta juga mengalami kesurupan. Tapi tidak dibiarkan begitu saja, keistimewaannya para peserta sebelumnya diruwat menggunakan air kembang tujuh rupa sebelum diberangkatkan. Ya, itu bertujuan agar kesenian Bantengan tetap lestari hingga beberapa tahun ke depan.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan adanya kegiatan seni seperti ini bisa membuat kesenian tersebut lebih dikenal banyak orang. “Ya, sudah sangat bagus sekali. Terlebih ada wisatawa mancanegara yang turut menjadi peserta. Lebih menghargai para pegiat seni juga terutama di Kota Batu,” ungkapnya. (hms/pandermannews)

foto : rizky

berita : hadi wahyono

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *