BeritaFoto

Sabers Pungli Sumber Torong Park, Budidayakan Ikan “Kota Batu” Tombro Punten

Batu, Humas – Wakil Walikota Batu H. Punjul Santoso menghadiri kegiatan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) yang diselenggarakan di Sumber Torong, Torong Park Kelurahan Sisir, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (28/07). Kegiatan ini dilaksanakan sudah ke 89 kali setiap minggu secara berpindah lokasi di Kota Batu. Hari ini terasa istimewa, karena ada dua lokasi diselenggarakan secara bersamaan.

Wakil Walikota Batu punya kenangan sendiri dengan Sumber Torong Park, karena pada masa muda sering sekali bermain dan mandi di area mata air di pusat Kota Batu ini.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelepasan benih ikan mas Tombro Punten, untuk konservasi dan pengembangbiakan ikan Tombro Punten yang menurut silsilahnya tertua di Indonesia dan sudah ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 1930.

Diharapkan pada masa mendatang, seluruh sumber dan aliran sungai di Kota Batu, ada ikan tombro punten. Sehingga dengan demikian tidak ada orang buang sampah sembarangan. Hal itu diungkapkan Andriono warga asli Kota Batu yang juga menjabat Kepala Seksi Konservasi Cadin Kelautan dan Perikanan Wilayah Malang Provinsi Jawa Timur.

Wakil Walikota hadir bersama istri juga meresmikan dibukanya pasar Minggu, di sumber Torong Park. Wawali juga melihat stan pasar murah milik warga sekitar tersebut, selain itu untuk melancarkan akses infrastruktur jalan wawali juga meninjau jalan menuju Sumber Torong Park.

Foto : @edytink_kdc

Leave a Reply

Your email address will not be published.